David Beckham Luncurkan Klub Sepakbolanya

David Beckham Luncurkan Klub Sepakbolanya

David Beckham Luncurkan Klub Sepakbolanya
Bertempat di Adrienne Arsht Center, Miami, Amerika Serikat, Senin (29/1/2018) waktu setempat, Beckham meluncurkan tim sepakbola yang berbasis di Miami. Klub itu nantinya akan berlaga di Major League Soccer pada 2020 mendatang.

Dalam peluncuran itu, Komisioner MLS, Don Garber, mengesahkan klub milik Beckham akan berbasis di Miami. Kota itu memang menjadi target Beckham sejak lama.
Beckham memulai proses pembuatan klub ini sejak 2014. Selama empat tahun, banyak kendala dihadapi Beckham untuk mendirikannya, seperti kendala mencari lahan untuk stadion serta permasalahan pemiliihan wilayah klub.

“Itu saat-saat yang sulit, sat itu kami cuma menunggu dan berpikir kalau mimpi ini tidak akan terwujud,” Beckham menjelaskan saat-saat kesulitan mendirikan klubnya, seperti dilansir Daily Mail.

“Tapi saya tidak pernah menyerah. Dalam hidup atau karier, tak ada yang saya lewati dengan mudah. Saya diberi tahu kalau saya tidak akan bisa bermain di Inggris karena tubuh saya terlalu kecil dan kurus. Saya mengakhirinya dengan karier cemerlang, tapi apa yang coba saya ajarkan kepada anak-anak saya adalah jangan pernah menyerah di saat-saat sulit, jangan pernah,” ia menambahkan dengan emosional.

Beckham bisa mendirikan klub di Amerika Serikat berkat kesepakatan saat ia diminta pindah dari Real Madrid ke MLS pada 2007 lalu. Ia mendapat keringanan soal pembiayaan mendirikan klub.

Guardian menyebut, setiap pemilik lain diwajibkan membayar 150 juta dolar untuk membeli franchise di MLS. Sementara Beckham, beserta rekan-rekannya yang tergabung dalam grup Miami Beckham United yakni Simon Fuller, Marcelo Claure, Tim Leiweke, Jorge dan Jose Mas, serta Masayoshi Son, hanya perlu membayar 25 juta dolar.

Dan Miami akhirnya punya klub sepakbola lagi. Sebelumnya ada The Fusion, yang sempat berkiprah pada 1998 hingga 2001 di MLS, namun gulung tikar karena tidak mampu menyedot banyak penonton.

Garber menilai, apa yang dilakukan Beckham adalah sebuah hal yang bersejarah. Ia senang sebab mantan pemain Manchester United, Real Madrid, LA Galaxy, AC Milan, dan Paris Saint-Germain itu bisa mewujudkan ambisinya.

“Inilah hari-hari yang benar-benar mengharukan hati dan sangat banggakan. Hal-hal besar datang kepada mereka yang menunggu. Hari yang menjadi salah satu hari bersejarah di liga ini,” Garber mengatakan.

“David akan ingat saat pertama kali bertemu dan dia bilang dia ingin menumbuhkan olahraga tapi suatu hari dia ingin menjadi pemilik. Dia bekerja bertahun-tahun untuk menemukan sosok yang tepat,” ia menambahkan.