Geser Madrid, Manchester United Raih Pendapatan Tertinggi

Geser Madrid, Manchester United Raih Pendapatan Tertinggi
Geser Madrid, Manchester United Raih Pendapatan Tertinggi

Geser Madrid, Manchester United Raih Pendapatan Tertinggi

Untuk kali pertama sejak 2003/2004 Manchester United menjadi klub dengan pendapatan tertinggi melompati Real Madrid dan Barcelona.

Demikian laporan yang dirilis Deloitte Football Money League berdasarkan pemasukan yang didapat klub pada musim 2015/2016. Sebelumnya selama 11 tahun beruntun posisi teratas selalu ditempati Real Madrid.

Pada musim 2015/2016, MU disebutkan meraup pemasukan sebesar 515 juta poundsterling (sekitar Rp 8,46 triliun). The Red Devils pun mengukir rekor sebagai klub pertama yang berhasil mengumpulkan pemasukan melebihi nilai 500 juta poundsterling. Pemasukan terbesar MU datang dari kesepakatan mereka dengan aparel Adidas serta Chevrolet sebagai sponsor utamanya.

Hal lain yang membuat pendapatan MU meningkat adalah kembalinya mereka ke Liga Champions. Itu artinya ada lebih banyak pemasukan dari hak siar dan pemasukan matchday.

“Manchester United kembali ke posisi teratas dan itu karena kemampuan mereka membuat kesepakatan komersial di depan para pesaingnya,” ucap penyusun laporan Deloitte, Tim Bridge, seperti dikutip dari ESPNFC.

Real Madrid yang sebelumnya terus berada di posisi teratas kali ini turun dua ke posisi tiga dengan jumlah pemasukan 463,8 juta poundsterling. El Real kalah 86.604 poundsterling dibanding Barca yang menempati posisi kedua.

Premier League masih mendominasi posisi teratas daftar tersebut.

Dengan pemasukan 392,6 juta poundsterling Manchester City berada di posisi kelima. Sedangkan Arsenal (350,4 juta poundsterling), Chelsea (334,6 juta poundsterling) dan Liverpool (302 juta poundsterling) berturut-turut ada di posisi tujuh hingga sembilan.

Tottenham Hotspur menempati urutan 12, lalu West Ham United di posisi 18 dan Leicester pada tangga ke-20.

Di posisi empat daftar tersebut adalah raksasa Jerman, Bayern Munich. Die Roten mengumpulkan pemasukan dua kali lebih besar dibanding seteru terdekatnya, Borussia Dortmund yang ada di posisi 11. Juara Liga Prancis, PSG, bertengger di posisi enam.

Juventus menjadi klub Itaia dengan posisi tertinggi dengan total pendapatan sebesar 224,4 juta poundsterling. Diikuti oleh AS Roma (188,9 juta poundsterling / posisi 15), AC Milan (186,5 juta euro / posisi 16) dan Inter Milan (155,2 juta poundsterling / posisi 19).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: