Jerman Tak Trauma Walau Pernah Raih Hasil Buruk Lawan Italia

Joachim Loew

Jerman memiliki catatan yang buruk melawan Italia pada kompetisi besar. Namun, hal tersebut tak membuat para pemain Die Mannschaft takut ketika menghadapi Gli Azzurri pada babak perempatfinal di Piala Eropa 2016.

Pertandingan antara 2 tim besar tersebut akan berlangsung pada hari Minggu (3/7/2016) dinihari WIB, di Matmut Atlantique, Bordeaux, untuk memperebutkan tiket ke babak semifinal. Jerman melangkah ke babak perempatfinal setelah kalahkan Slovakia dengan skor 3-0, sedangkan Italia tundukkan sang juara bertahan yaitu Spanyol dengan skor 2-0.

Kalau melihat skuat sekarang ini, tentunya Jerman adalah tim yang diunggulkan untuk dapat melebihi Italia. Namun perlu diingat kalau Italia telah terbuktii lebih awal berhadapan dengan sejumlah lawan kuat seperti Belgia dan juga Spanyol.

Tak hanya itu, Italia perlu berharap kalau pemain-pemain Jerman masih dihantui dengan hasil buruk pada laga melawan mereka waktu silam. Tercatat pada 2 laga di kompetisi besar mau dari Piala Dunia ataupun Piala Eropa, Jerman tak pernah menang dari Italia.

Di awali pada Piala Dunia tahun 1970, Jerman yang masih berjulukan Jerman Barat saat itu dikalahkan lewat adu penalti oleh Italia pada babak final, kemudian pada babak final Piala Dunia tahun 1982 dengan skor akhir 1-3, kemudian babak semifinal di Piala Dunia tahun 2006 saat Jerman dikalahkan dengan skor 0-2, serta yang terakhir 4 tahun yang lalu ketika Italia berhasil kalahkan Jerman dengan skor 2-1 pada babak semifinal di Piala Eropa.

Tentu masih terbayang di pikiran pemain-pemain Jerman yang saat itu difavoritkan akan bertemu dengan Spanyol di babak final harus terhenti dengan skor 1-2, setelah Mario Balotelli membobol 2 kali gawang Manuel Neuer.

Kalau jaraknya lebih pendek sekalipun, Jerman cuman sekali menang dari 8 pertemuan terakhir dengan Italia, yaitu di pertandingan persahabatan bulan Maret yang lalu dengan skor 4-1.

Walau begitu, Joachim Loew membuat pasti semua pemainnya tidak akan takut melawan Italia dan optimis dapat melewati lawannya itu.

“Kami akui tak pernah menang hadapi mereka di kompetisi besar, namun kami tidak sama sekali merasa taku melawan Italia. Saya tak begitu mementingkan tentang kejadian yang telah berlalu,” ucap Loew.