Kesempatan Juventus Pecahkan Rekor Coppa Italia

Kesempatan Juventus Pecahkan Rekor Coppa ItaliaJuventus berpeluang mencatatkan rekor domestik sebagai klub yang paling banyak tampil pada final Coppa Italia. Kesempatan pertama akan tiba ketika Nyonya Tua meladeni perlawanan tuan rumah Atalanta pada leg pertama semifinal di Stadion Atleti Azzurri d’Italia, Rabu (31/1) dini hari WIB.

Untuk rekor finalis, Juventus memang bersanding dengan klub lain. Namun, soal koleksi trofi, tim Zebra rajanya. Klub asal Kota Turin ini punya 12 trofi Coppa Italia yang memenuhi lemari piala mereka. Jumlah tersebut hanya bisa didekati oleh Roma yang punya sembilan trofi.

Untuk memenuhi misi ke final, pelatih Juventus Massimilano Allegri menyatakan laga kontra Atalanta akan dijalani dengan kekuatan penuh. Untuk mendukung hal tersebut, satu nama yang akan tampil adalah kiper Gianluigi Buffon.

“Buffon seorang yang luar biasa, kami senang dia kembali. Dia akan menjadi starter melawan Atalanta,” ujar Allegri kepada Mediaset Premium.

Allegri mengatakan, lawan mereka di semifinal nanti tidak bisa dipandang sebelah mata. Klub berjuluk La Dea atau Para Dewi itu sedang dalam mental yang sangat baik usai memetik kemenangan dengan skor telah akhir pekan lalu. Pada laga pekan ke-22 Liga Serie A Italia 2017/2018 tersebut, Atalanta menggasak tuan rumah Sassuolo dengan skor 3-0.

“Mereka sedang dalam periode yang sangat baik. Kami harus bisa menampilkan performa yang tangguh. Sebisa mungkin kami harus pulang dengan membawa gol tandang,” kata Allegri.

Pelatih Atalanta Gian Piero Gasperini tak mau membiarkan tim tamu pulang dari markas timnya dengan senyuman. Gasperini yakin Andreas Cornelius dan kawan-kawan punya kemampuan cukup untuk bisa menahan laju Gonzalo Higuain cs.

Menurut pelatih berkebangsaan Italia ini, pertarungan di ajang Coppa berbeda dengan liga. Gasperini yakin, jika bisa memanfaatkan leg pertama dengan baik, maka timnya bisa membendung Juve di Turin.

“Leg pertama adalah kunci, kami hampir bisa menyingkirkan Juve di babak 16 besar Coppa Italia musim lalu. Kali ini kami harus tampil lebih baik,” tegas Gasperini.

Pelatih berusia 60 tahun ini meminta pasukannya untuk bisa bermain sabar di kandang. Gasperini tak mau Atalanta harus membawa beban ketika melakoni pertandingan leg kedua di markas lawan.

“Sangat berat jika kami harus ke kandang Juve tanpa bekal gol tandang. Kami harus bisa memanfaatkan 90 menit pertama dengan optimal,” tegas Gasperini.