Nomor Punggung yang Akan Dikenakan Coutinho

Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho, kabarnya akan mengenakan seragam bernomor punggung 14 bersama klub barunya tersebut. Hal tersebut telah dikonfirmasi langsung oleh Azulgrana –julukan Barcelona- pada Rabu 24 Januari 2018.

Coutinho belum melakukan debutnya bersama klub karena mengalami cedera paha. Selain itu Barcelona juga belum memberikan konfirmasi mengenai nomor punggung yang berencana digunakan oleh Coutinho sejak menyelesaikan kepindahannya dari Liverpool.

Kepergian Javier Mascherano menuju tim Liga Super China (CSL), Hebei China Fortune, secara tidak langsung membebaskan nomor punggung 14 yang biasa digunakannya.

Meski Mascherano telah mengenakan seragam benomor punggung 14 selama tujuh tahun di Camp Nou, namun nomor keramat tersebut lebih dekat dikaitkan dengan almarhum Johan Cruyff yang saat itu menjadi bintang besar untk Barcelona.

Pesepakbola berkebangsaan Belanda tersebut bergabung dengan Barcelona dengan memecahkan biaya transfer dunia. Saat itu Cruyff sukses membantu Azulgrana meraih gelar Liga Spanyol pertama mereka lebih dari satu dekade.

Setelah lulus sebagai pemain bintang, Cruyff kembali menuju Barcelona sebagai seorang pelatih. Ia juga dianggap sebagai salah satu tokoh terpenting dalam sejarah klub. Emmanuel Amunike, Jordi Cruyff dan Thierry Henry merupakan beberapa pemain yang juga mengenakan seragam bernomor punggung 14 untuk Barcelona.

Sebenarnya Coutinho bisa saja memakai nomor punggung 10 di Barcelona, namun kehadiran Lionel Messi memastikan pemain berkebangsaan Brasil tersebut memilih nomor baru yang akan dikenakannya.

Kabarnya seragam bernomor punggung tujuh yang sempat dikenakan oleh Arda Turan, Pedro dan David Villa akan dipersiapkan untuk menyambut kedatangan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid.

Namun dengan sigap Barcelona membantah tegas spekulasi tersebut bahwa mereka tidak pernah menyetujui kesepakatan apapun dengan penyerang asal Prancis tersebut pada akhir musim.