Pep Bangun Pertahanan yang Apik

Pep Bangun Pertahanan yang ApikBursa transfer musim dingin atau sepanjang Januari ini akan berakhir. Hari ini atau 31 Januari, perburuan pemain, jendela transfer akan ditutup. Ada transfer besar baik dalam soal harga maupun kualitas pemain. Alexis Sanchez dan Philippe Coutinho tentu yang paling menyita perhatian. Sanchez dari Arsenal ke Manchester United (MU) sedangkan Coutinho dari Liverpool ke Barcelona. Kejutan juga kemungkinan akan segera terjadi dengan semakin dekatnya Pierre-Emerick Aubameyang dari Borussia Dortmund ke Arsenal.

Namun, di antara isu transfer yang muncul, pergerakan yang dilakukan Manchester City terbilang sangat menarik. The Citizens yang mundur dalam perburuan mendapatkan Sanchez kini malah mendatangkan pemain di posisi yang berbeda. Ya, Aymeric Laporte, bek tengah Athletic Bilbao ini sudah resmi menjadi bagian dari pasukan Josep Guardiola mulai kemarin atau 30 Januari. Kemungkinan besar, aksinya sudah dapat di lihat di akhir pekan ini saat The Citizens tandang lawan Burnley, Sabtu (3/2).

Yang menarik dari pembelian Laporte adalah harganya yang mencapai 65 juta euro! Dengan harga tersebut, pemain 23 tahun ini menjadi bek termahal kedua dalam sejarah sepak bola setelah transfer Virgil Van Dijk dari Southampton ke Liverpool dengan nilai 80 juta euro. Pep—panggilan Guardiola—sepertinya lebih gemar mendatangkan pemain bertahan ke City ketimbang pemain di posisi lainnya. Setidaknya, kesan tersebut dapat dilihat dari kedatangan pemain bertahan ke City yang masif sejak pelatih asal Spanyol ini datang.

Kekalahan dari Liverpool pada dua pekan lalu, 3-4, tampaknya yang membuat Guardiola untuk memperkuat kembali lini pertahanannya. Laporte, pemain asal Prancis, diyakini akan membuat The Citizens semakin sulit ditembus. Musim lalu, City kerap kesulitan membuat gawang mereka clean sheet, khususnya dalam laga-laga yang menghadapi klub besar seperti Chelsea, Liverpool, dan Arsenal.

Dengan kekuatan pertahanan itulah yang membuat City untuk sementara berhasil menguasai klasemen Liga Primer. Upaya mendatangkan trofi ke Etihad memang harus ditebus dengan pengeluaran yang besar dari manajemen. Secara keseluruhan, sejak Guardiola tiba di City pada musim panas 2016, pelatih 47 tahun ini dimanjakan oleh pemilik klub dengan menggelontorkan dana sekitar 526 juta euro untuk membuat City semakin kuat. Jumlah tersebut termasuk upaya Pep memperkuat lini tengah dan depan timnya seperti mendatangkan Leroy Sane (50 juta euro), Gabriel Jesus (32 juta), Ilkay Guendogan (27 juta), atau Nolito (18 juta).