Ricardo Kaka Putuskan Pensiun

ricardo kaka

ricardo kakaRicardo Kaka akhirnya memilih untuk pensiun dari dunia lapangan hijau. Pesepakbola internasional Brasil tersebut baru saja gantung sepatu.

Langkahnya untuk pensiun bersamaan dengan tuntasnya kontrak dengan Orlando City pada bulan ini. Pemain yang merengkuh trofi Ballon d’Or pada tahun 2007 itu sempat dirumorkan bakal pulang ke AC Milan aau kembali ke Brasil, tapi rupanya dia memutuskan gantung sepatu. Kaka mengumumkan hal itu lewat akun media sosial pribadinya.

Masih belum ada informasi lebih lanjut kemana Kaka bakal berlabuh setelah menjalani masa pensiun. Sejumlah media Eropa dia bakal menempati salah satu pos di petinggi Milan.

Kaka menjalani puncak kiprahnya bersama Il Diavolo Rosso. Memperkuat klub Kota Mode pada 2003 silam, ia memberikan lima gelar bergengsi termasuk titel Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub di tahun 2007. Pada tahun itulah Kaka jadi pemain terbaik.

Pria berusia 35 tahun itu lantas menyeberang ke Real Madrid tahun 2009, dengan nilai yang membuatnya sebagai pesepakbola termahal di dunia. Akan tetapi dia gagal memperlihatkan penampilan terbaik di Santiago Bernabeu lantaran terus dibayangi cedera.

Sempat pulang lagi ke San Siro, Kaka akhirnya merumput di kompetisi Major League Soccer bersama Orlando City di 2014.

Bersama tim nasional Brasil, Kaka mendulang 29 gol dalam 92 laga. Ia juga termasuk dalam skuat Tim Samba ketika menjuarai Piala Dunia 2002 plus Piala Konfederasi 2005 dan 2009.