Tentang Dikalahkan Bayern, Wenger Sebut Memang Ambil Risiko

Arsenal ditundukkan Bayern Munich pada laga yang berlangsung di Emirates Stadium dan dibuat malu lewat 2 pertemuan. Arsene Wenger akui memang mengambil risiko.

Arsenal tunduk dengan skor 1-5 saat berhadapan dengan Bayern di Emirates Stadium pada pertandingan pertemuan kedua babak 16 besar Liga Champions. Hasil tersebut bikin mereka kalah lewat agregat 2-10 usai sebelumnya pada pertemuan pertama pun kalah dengan skor 1-5.

The Gunners sesungguhnya unggul lebih awal dengan angka yang diciptakan Theo Walcott pada babak pertama. Namun kartu merah Laurent Koscielny pada awal babak kedua menjadi awal musibah untuk mereka, yang kemudian kebobolan 5 kali.

Dengan keadaan kalah dari sisi jumlah pemain tersebut, Wenger akui ambil keputusan untuk terus berusaha bermain menyerang. Toh mau seperti apapun kesempatan lolos telah sangat kecil kalau tidak dapat dikatan tidak akan bisa.

“Saya pribadi yang bertanggung jawab dengan hal tersebut. Saat Anda dengan skor 1-1 dan tampil dengan 10 orang dan perlu ciptakan 4 angka, Anda dapat duduk dan memikirkan ‘Saya dapat mainkan 3 pemain bek saat ini’,” ujar Wenger.

“Namun malah jika Anda memainkan 3 pemain bek Anda masih dapat kalah dengan skor 5-1 saat Anda tampil dengan sisa 10 orang, dan tim tahu Anda tidak memiliki peluang untuk ciptakan angka apapun. Atau Anda miliki sebuah peluang pada sejuta kemungkinan dan Anda tetap berusaha tampil sampai paling tidak semua orang yang hadir dan melihat Anda berusaha tampil.”

“Saya pilih yang kedua. Ya saya kebobolan banyak angka yang berakhir dengan skor 5-1, namun hal tersebut merupakan hal yang saya ambil dan saya pertahankan keputusan tersebut. Saya menilai kalau kesempatan tersebut adalah satu dari sejuta peluang, ayo kita mencoba. Biarpun beitu pun memang telah tergusur kok,” lanjutnya.